Senin, 12 November 2012

Agama dan Masyarakat

Agama dan masyarakat sangat erat berkaitan atu sama lain. hal tersebut dibuktikan oleh pengetahuan agama yang meliputi penulisan sejarah dan figur nabi dalam mengubah arti dan hakikat kehidupan tentang Tuhan. Agama sebagai suatu sistem yang menjadi panutan oleh manusia di dunia mempunyai hukum dan ketentuan yang berlaku umum, seperti banyaknya pendapat agama tentang kehidupan dunia seperti masalah keluarga, bernegara, konsumsi, produksi hari libur, prinsip waris, dan sebagainya.


Latar belakang sosial yang berbeda dari masyarakat agama membuat masyarakat memiliki sikap dan nilai yang berbeda pula. Kebutuhan dan pandangan kelompok terhadap prinsip keagamaan pastinya berbeda-beda tergantung agama yang dianut oleh masing-masing individu.

Beberapa fungsi agama dalam masyarakat antara lain :
  1.  Agar kita dapat selalu ingat akan Tuhan, petunjuk bagaimana cara kita menjalani perintah Tuhan dalam kehidupan kita sehari-hari.
  2. Sebagai pedoman hidup dalam kehidupan sehari-hari. Artinya jika kita melakukan sesuatu yang tidak baik, dengan kita  memiliki agama kita bisa disadarkan oleh ajaran dan agama yang kita anut untuk tidak melakukan hal-hal yang tidak baik.
  3. Sebagai penyelaras hidup dalam masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar