Kamis, 08 Oktober 2015

Contoh SCM (Supply Chain Management) Pada Pabrik Biskuit

SCM (Supply Chain Management) adalah konsep atau mekanisme untuk meningkatkan produktivitas total perusahaan dalam rantai suplai melalui optimalisasi waktu, lokasi dan aliran kuantitas bahan. Yang dapat disimpulkan bahwa SCM adalah proses alur data dari supllier hingga ke konsumen. Berikut adalah contoh SCM pada pabrik Biskuit Roma :



Untuk membuat biskuit, pabrik biskuit roma memerlukan supplier yang diantaranya adalah peternak ayam, petani tebu, peternak sapi, pemasuk tepung dan pemasok minyak nabati. Peternak ayam memberikan hasil telurnya kepada pabrik telur untuk diolah. Begitu juga peternak tebu yang memberikan hasil tebunya kepada pabrik gula dan peternak sapi memberikan hasil susunya kepada pabrik susu untuk diolah. Lalu pabrik telur, pabrik gula, pabrik susu, pemasok tepung dan pemasok minyak nabati mengirim bahan bahan untuk diolah ke pabrik bahan baku.

Kemudian untuk bagian kemasan, Industri kertas dan plastik mengolah hasilnya ke bagian pengemasan untuk dijadikan kemasan untuk biskuit.

Setelah proses pengolahan dan pengemasan selesai, pabrik bahan baku dan bagian pengemasan mengirimkan hasil olahanya ke Pabrik Biskuit Roma. Dan kemudian Pabrik Biskuit Roma akan mengirimkan produk biskuitnya ke distributor untuk dipasarkan. Distributor tersebut bisa melalui supermarket, grosir, pengecer dan pasar internasional. Yang pada akhirnya produk tersebut ditujukan kepada konsumen untuk dapat mengkonsumsi biskuit yang sudah dibuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar