Minggu, 29 November 2015

E-Technology



BAB I : PENDAHULUAN
E-Technology adalah ilmu yang mempelajari tentang teknik atau cara yang telah menggunakan sistem elektronik sehingga mempermudah manusia meningkatkan kulaitas kehidupannya.

E-Technology sering pula di sebut Information and Communication Technologies (ICT) atau Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), yang merupakan payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi.

TIK mencakup dua aspek yaitu  teknologi informasi  dan  teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media.


TUJUAN E-TECHNOLOGY

Tujuan e-technology yaitu untuk mempermudah pekerjaan manusia dalam bidang teknologi untuk semakin efisien dan ekonomis yang lebih banyak digunakan pada masyarakat modern sebagai sarana untuk berkomunikasi dalam bekerja maupun dalam menjalani kehidupan sehari-hari, untuk bekerja, sebagai alat yang semakin canggih dan lain sebagainya yang pada saat ini banyak pengembangannya.

BAB II : PEMBAHASAN
KONSEP E-TECHNOLOGY

Toko baju, mall, konsumen dan penyalur/penghasil saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya. semuanya ini membentuk suatu relasi atau hubungan dengan proses menjual, membeli, membayar dan menghasilkan suatu barang.ini semua menghasilkan suatu system e-teknology yang berkembang sekarang. 








Konsep E-Technology : Intelejensia Buatan (Artificial Intelegency)
Arti Intelegensia

Kemampuan manusia untuk memperoleh pengetahuan dan dapat melaksanakannya dalam praktek, yang dalam hal ini berartikemampuan berfikir dan nalar. Kecerdasan buatan terdiri dari dua bagian pokok, yaitu Pangkalan Pengetahuan (knowledge base dan Mekanisme Inferensi (kemampuan menarik kesimpulan). Pangkalan Pengetahuan berisi fakta tentang obyek dalam ruang lingkup yang ditentukan. Mekanisme Inferensi adalah suatu pangkalan prosedur yang digunakan untuk menguji pangkalan pengetahuan dengan cara sistematik pada saat pemecahan masalah. Pada mekanisme ini dilakukan pelacakan pada pangkalan pengetahuan untuk mendapatkan solusi.

Bagian utama dari aplikasi AI (Artificial Intelegency) adalah pengetahuan , dimana pengetahuan itu merupakan suatu pengertian tentang beberapa wilayah subyek yang diperoleh melalui pendidikan dan pengalaman.

-          Komputasi AI

Software AI didasarkan pada representasi dan manipulasi simbol, simbol ini dapat berupa huruf, kata atau bilangan yang digunakan untuk menggambarkan obyek, proses dan hubungannya, Teknik dasar yang digunakan dalam AI ini adalah pelacakan dan penyocokan pola. Dengan diberi informasi awal, software AI melacak pangkalan pengetahuan untuk mencari pola dan kondisi-kondisi yang spesifik sesuai dengan kriteria agar dapat memecahkan masalah yang diinginkan. Secara harfiah komputer akan terus mencari pengetahuan yang ada sampai menemukan jawaban yang terbaik atau jawaban yang paling cocok

-          Aplikasi AI

-          Permainan
Kemampuan komputer untuk menjalankan games merupakan demonstrasi yang luar biasa tentang intelegensia manusia.

-          Pemecahan masalah umum
Contohnya adalah MACSYMA yang bisa melaksanakan lebih dari 500 oiperasi matematika yang berbeda.

-          Expert System
Expert system dapat mengumpulkan dan menyimpan pengetahuan seorang atau beberapa orang pakar.

Kendala – kendala
·        Masalah biaya dan harga merupakan masalah utama yang dihadapi dalam pengembangan dan penggunaan AI ini.
·       Selain itu pengembangan software AI ini merupakan hal yang rumit dan diperlukan waktu yang sangat lama dan karenanya biaya akan menjadi lebih tinggi.
·         Akibat dari kelemahan di atas, hanya ada bebrapa produk AI komersial yang praktis sudah dipasarkan.

Solusi
·         Dengan mencari sponsor sebanyak – banyaknya akan mengatasi masalah biaya dan harga yang merupakan masalah utama yang dihadapai selama ini.
·         Dengan memperbanyak tenaga ahli akan mempersingkat waktu pengembangan software ini.
·         Apabila kedua solusi diatas sudah terpenuhi maka bebrapa produk AI komersial yang prktis sudah siap dipasarkan.


MANFAAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

-          Dukungan dalam Pembelajaran

Salah satu manfaat teknologi informasi dan komunikasi adalah sebagai dukungan dalam pembelajaran. Seperti pembahasan di atas, TIK diajarkan sejak bangku Sekolah Dasar. Dengan ini TIK menjadi salah satu pelajaran yang penting, karena mengingat teknologi yang semakin waktu semakin maju. Dengan begitu seseorang tidak buta akan teknologi yang ada, karena sudah diajarkan sejak kecil.

-          Kemudahan dalam Berkomunikasi

Berkomunikasi jarak jauh juga merupakan manfaat adanya TIK. Setiap orang dapat berkomunikasi secara tidak langsung dengan menggunakan surat elektronik (E-Mail), komunikasi melalui chatting dengan memanfaatkan sosial media yang ada, ataupun komunikasi dengan bertatap muka secara langsung melalui video call. Dengan begitu memungkinkan seseorang yang berada di luar daerah atau luar negeri dapat berkomunikasi dengan adanya teknologi informasi komunikasi.

-          Membantu Pekerjaan Manusia Lebih Mudah

Dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, pekerjaan manusia akan terbantu lebih mudah dan cepat. Misal saja seseorang jaman dahulu yang membuat suatu kerjaan dengan menggunakan mesin ketik maka membutuhkan waktu yang cukup lama dan keakuratan yang rendah, lain halnya dengan menggunakan komputer dan juga printer yang menjadikan sebuah pekerjaan lebih cepat dan efektif. Untuk mencari bahan biasanya sebagian orang mencarinya di internet.

-          Membantu dalam Bidang Penerbangan

TIk dalam dunia penerbangan berperan dalam membantu mengatur jadwal penerbangan yang ada, mengatur perubahan jadwal jika terjadi perubahan secara mendadak, mengatur sistem penjualan tiket secara online, serta mengatur komunikasi antara pilot dengan pusat penerbangan mengenai keadaan sewaktu penerbangan. Oleh karena itu TIK juga berperan dalam membantu dunia penerbangan yang membutuhkan komunikasi.


-          Meningkatkan Produktivitas dalam Kerjaan

TIK juga dapat digunakan dalam meningkatkan produktivitas kerjaan dalam suatau institusi. Hal-hal seperti perhitungan keuangan dapat dilakukan dengan bantuan komputer yang di dalamnya terdapat program yang dapat dimanfaatkan dalam menghitung keuangan. Selain itu proses transaksi yang dilakukan dapat melalui berbagai cara seperti melalui ATM, SMS Banking, dan juga Internet Banking. Dengan begitu kedua belah pihak tidak harus bertemu, dan hanya tinggal mengecek saja yang dapat menghemat waktu. Dengan begitu waktu tidak terbuang sia-sia dengan adanya TIK, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dalam sebuah pekerjaan.

FUNGSI DAN KEDUDUKAN E-TECHNOLOGY TERHADAP SISTEM KONVENSIONAL

E-Technology merupakan sebuah sistem yang membantu pelaksanaan kegiatan yang menggunakan sistem konvensional. Atau bahkan yang tidak bisa dilakukan dengan sistem konvesional. Dengan pesatnya perkembangan E- Technology, lambat laun menggeser kedudukan sistem konvensional dalam kehidupan sehari-hari, seperti surat menyurat di gantikan dengan e-Mail atau SMS, mesin ketik digantikan dengan Komputer dan printer, dan sebagainya.

BAB III : PENUTUP
SOLUSI DAN KENDALA E-TECHNOLOGY

Solusi yang dapat kita lakukan untuk menghindari e-technology yaitu: dengan memulainya pada diri sendiri terlebih dahulu. Apabila kita lebih dahulu menyadari maka kita secara tidak langsung mencerminkan sikap yang mau mengajak orang untuk menggunakan e-technology ini dengan penuh tanggungjawab dan menggunakannya dengan sebaik-baiknya demi kepentingan bersama bukan kepentingan individu.

KESIMPULAN

E-Technology merupakan sebuah sistem yang membantu pelaksanaan kegiatan yang menggunakan sistem konvensional. Atau bahkan yang tidak bisa dilakukan dengan sistem konvesional. Dengan pesatnya perkembangan E- Technology, lambat laun menggeser kedudukan sistem konvensional dalam kehidupan sehari-hari, seperti surat menyurat di gantikan dengan e-Mail atau SMS, mesin ketik digantikan dengan Komputer dan printer, dan sebagainya.



REFERENSI :
Jurnal Internasional :

Sumber :
-          https://etechnologydp2012.wordpress.com/2012/01/21/pengertian-e-technology/
-          slideplayer.info/slide/4115553/
-          https://iloeliloel.wordpress.com/2008/11/21/selamat-datang/
-          http://tech.dbagus.com/manfaat-teknologi-informasi-dan-komunikasi
-          http://manfaatdanpengertiantik.blogspot.co.id/2013/01/pengertian-teknologi-informasi-dan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar