Senin, 03 November 2014

Membuat Garis Diagonal, Horizontal dan Vertikal Menggunakan OpenGL

Untuk memenuhi tugas mata kuliah Grafik Komputer & Pengolahan Citra, maka saya melampirkan file nya dalam bentuk word dan posting. Untuk melihat dalam bentuk word, klik link tersebut :

Lalu, saya juga akan mem-postingnya :

Membuat Program Garis Horizontal, Vertikal, dan Diagonal

Untuk membuat program garis Horizontal, Vertikal ataupun diagonal, disini saya menggunakan program Dev C++ sebagai IDE (Integrated Development Environment) yang di package oleh Open GL. Setelah menginstall Dev C++ dan mempackagenya dengan OpenGL, maka kita akan mulai membuat program garis nya. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka dev c++ dan membuat project baru, seperti gambar dibawah ini :

Setelah membuat project menggunakan multimedia OpenGL, jangan lupa memilih project optionnya. Disini saya memilih project optionnya dengan C++ project. Kemudian setelah itu klik ok dan kemudian mulai menginput kodingannya untuk membuat garis.
 


Setelah kita membuat project baru dengan cara diatas, form source code yang akan muncul bukanlah lembar kosong seperti pada umumnya, tetapi lembar kerja yang sudah terisi code nuntuk openGL, kemudian untuk menginputkan kodingan untuk membuat garis, kita harus mencari source code yang bertuliskan /*OpenGL animation code goes here*/ dan kemudian kita sisipkan kodingan untuk membuat garisnya dibawah kode tersebut, kodingannya :
  • /*Untuk membuat garis Vertikal*/ merupakan judul program yang berperan sebagai komentar dari program tersebut.
  • glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);  untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA.
  •     glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam.
  •          glPushMatrix ();  Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
  •          glClearColor(1,1,1,0); untuk menentukan warna garis/titik.
  •           glColor3f(1,1,1); untuk menentukan warna garis/titik.
  •           glBegin(GL_LINES); untuk menggambar garis dari titik yang digunakan.
  •           glVertex3f(0.10,10.0,13.13); untuk menentukan titik awal yang digunakan.
  •           glVertex3f(0,0,0.0);  untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
  •           glEnd ();  untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir.
  •           glPopMatrix (); Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
  •           SwapBuffers (hDC); digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar.
  •   /* shutdown OpenGL */ berfungsi sebagai komentar dalam program. 
Kemudian setelah inputan kodingnya sudah kita buat seperti diatas, maka langkah selanjutnya kita compile dan kita running program yang sudah kita buat tadi, maka hasil output dari program yang kita buat tadi adalah seperti ini :












Nah setelah kita membuat program garis vertikal, selanjutnya kita akan membut program garis horizontal. Caranya? Caranya sama seperti tadi, kita membuat new project, menggunakan opsi prohect c++, kemudian sisipkan inputan kodingan diantara source code /*OpenGL animation code goes here*/ lalu kemudian mulai masukkan inputtannya seperti ini :

  • /*Untuk membuat garis Horizontal*/ merupakan judul program yang berperan sebagai komentar dari program tersebut
  • glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA.
  •     glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam.
  •           glPushMatrix(); Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
  •           glClearColor(1,1,1,0) untuk menentukan warna garis/titik.
  •           glColor3f(1,1,1);  untuk menentukan warna garis/titik.
  •           glBegin(GL_LINES); untuk menggambar garis dari titik yang digunakan.
  •           glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f); untuk menentukan warna garis/titik.
  •           glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f);   untuk menentukan titik awal yang digunakan.
  •           glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);  untuk menentukan titik yang digunakan.
  •           glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f);  untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
  •           glEnd();  untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir.
  •          glPopMatrix(); Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
  •           SwapBuffers (hDC); digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar.
  • /* shutdown OpenGL */ berfungsi sebagai komentar dalam program.
Kemudian setelah inputan kodingnya sudah kita buat seperti diatas, maka langkah selanjutnya kita compile dan kita running program yang sudah kita buat tadi, maka hasil output dari program yang kita buat tadi adalah seperti ini :
 

Nah setelah kita membuat program garis vertical dan horizontal, selanjutnya kita akan membut program garis diagonal. Caranya? Caranya sama seperti tadi, kita membuat new project, menggunakan opsi prohect c++, kemudian sisipkan inputan kodingan diantara source code /*OpenGL animation code goes here*/ lalu kemudian mulai masukkan inputtannya seperti ini :
  •       /*Untuk membuat garis Diagonal*/ merupakan judul program yang berperan sebagai komentar dari program tersebut.
  •          glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); untuk memilih warna yang digunakan untuk mgembersihkan latar dalammode RGBA.
  • glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam.
  •   glPushMatrix ();  Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
  •   glClearColor(1,1,1,0); untuk menentukan warna garis/titik.
  •   glColor3f(1,1,1);  untuk menentukan warna garis/titik.
  •   glBegin(GL_LINES); untuk menggambar garis dari titik yang digunakan.
  •   glVertex3f(0,0,-0.8); untuk menentukan titik awal yang digunakan.
  •   glVertex3f(9.9,8.9,0.1); untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
  •  glEnd ();  untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir.
  •  glPopMatrix (); Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
  • SwapBuffers (hDC); digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar.
  •  /* shutdown OpenGL */ berfungsi sebagai komentar dalam program.

Kemudian setelah inputan kodingnya sudah kita buat seperti diatas, maka langkah selanjutnya kita compile dan kita running program yang sudah kita buat tadi, maka hasil output dari program yang kita buat tadi adalah seperti ini :













Itulah cara membuat garis vertical, horizontal dan diagonal dengan program DevC++ menggunakan package pada OpenGL.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar