Rabu, 24 April 2013

Bedah Lagu: Pee Wee Gaskins - Detik Tak Bergerak

Awalnya iseng buka www.inheritpoppunk.com mau liat liat update tentang band idola sekaligus influence gue Pee Wee Gaskins! Nah disitu gue liat ada posting tentang #KUISBEDAHLAGU, nah disini gue mau iseng iseng nyoba bedah salah satu lagu kesukaan gue yaitu Detik Tak Bergerak.
 
Awalnya lagu detik tak bergerak gue kira lagunya tuh tentang orang yang lagi senang atau galau, eh ternyata lagu itu berisi tentang kehilangan seorang yang kita sayangi. Disini gue mau coba bedah lagu tersebut pake kata kata dan inspirasi gue, cekidot ^^
 
DETIK TAK BERGERAK!
 
"Tersadarkan aku disaat dia menghilang, menyapa yang hidup mengingat semua"
menurut gue lirik disini itu bercerita tentang seseorang yang baru sadar saat orang yang disayanginya menghilang selamanya, kemudian orang tersebut menyapa dan memberi semangat kepada kita semua yang masih hidup agar bisa lebih semangat menjalani hidup.
 
"Ku akan terasa sepi tak bernyawa, saat semua menyisakan tawa"
Nah dilirik ini, orang yang ditinggalkan oleh orang yg disayanginya itu merasa sepi bagaikan dia tak bernyawa karena semua kenangan bersama orang yang pergi meninggalkannya itu hanya menyisakan tawa dan kenangan-kenangan indahnya
 
"Detik tak bergerak dan ku pun tersadar, teringat harinya penuh dengan cinta"
Walaupun waktu ga bisa berhenti, detik tak bergerak, akhirnya orang tersebut sadar bahwa hari hari yang dilaluinya tersebut penuh dengan cinta dari orang yang pergi meninggalkannya.
 
"Saat kuhabiskan hariku dengannya, saat kuteteskan air mata ini"
Padahal banyak sekali waktu yang dihabiskan bersama dia(orang yang meningalkannya), tetapi air mata ini terus terusan menetes tak habis habis karena masih belum menerima kenyataannya.
 
REFF1:
"Dan ku pun bergegas cepat matanya seakan bekata, hidup kan terlihat indah bersiap menjawab semua"
Nah disini, akhirnya dia(yang ditinggalkan) pun tersadar bahwa kenyataan tidak akan berubah. Saat dia bergegas, dia melihat bayangan orang yang meninggalkannya dan se-olah olah dia berkata bahwa hidup itu pasti indah bila kita bisa menjawab semua kenyataan yang kita hadapi.
 
"Kini ku sendiri melewati hari, dan akan kucari arti hidup ini. Menghilang merangkak,tenggelam beranjak"
Akhirnya orang yang ditinggalkannya mulai begegas dan mulai melewati perihnya hari demi hari dengan sendiri untuk mencari arti hidup dan jati diri. Bahkan sampai menghilang, merangkak, tenggelam, dan beranjak semuanya dilewati hanya ingin mencari arti hidup ini.
 
"Baiklah disana ditempat yang indah, karena ku yakin dia akan bahagia. Tersenyum tertawa melihat sempurna"
Disini dia menyadari bahwa jika dia mampu menghadapi dan menerima semua kenyataan dia yakin bahwa orang yang meninggalkannya akan bahagia di tempat yang indah sambil tersenyum dan tertawa melihat kesempurnaan orang yang ditinggalkannya.
 
REPEAT REFF:
"Dan ku pun bergegas cepat matanya seakan bekata, hidup kan terlihat indah bila kau mampu merubahnya"
Akhirnya dia pun menyadari bahwa bila dia bisa menjawab semua kenyataan yang dia hadapi, maka hidup dia pun akan indah. Maka jangan pernah takut untuk merubah masa lalu buruk kita menjadi masa depan yang indah.
 
"Saat ku pejamkan mata ini terlihat bayang dirinya (tertawa ringan padaku), saat ku pejamkan mata ini terlihat bayang dirinya (tersenyum kepadaku), saatku pejamkan mata ini terlihat bayang dirinya (menyentuh membelaiku)"
Disini saat dia lelah setelah berhasil merubah kenyataan hidup yang kelam. Dia bermimpi dan melihat bahwa orang yang meninggalkannya tersebut tersenyum, tertawa dan membelai rambutku seakan akan dia bahagia melihat keadaan ku yang sekarang.
 
"Dan kutersadar ku buka mata ini inilah mimpi yang sempurna, inilah mimpi yang sempurna"
Nah saat dia terbangun dari istirahatnya, dia pun tersadar bahwa mimpi yang tadi ia lihat saat melihat orang yang meninggalkannya tertawa dan tersenyum kepadanya  adalah sebuah mimpi yang sempurna yang menjawab semua kehidupan kelamdia sebelumnya.
 
Gue tau lagu ini diciptain berdasarkan kisah nyata, dan lagu ini pun menjadi sebuah pelajaran dan pesan yang disampaikan agar kita mampu dan kuat menjalani hidup ini walaupun kita ditinggalkan orang yang kita sayangi selamanya.
 
Selesai ^^

2 komentar:

  1. Ada yang salah tuh kalo gw gasalah juga sih ya , yang reff 1 itu harusnya hidup tak selamanga indah

    BalasHapus