Kamis, 09 Januari 2014

Sejarah Bahasa Pemrograman C


Perkembangan awal C terjadi di AT & T Bell Labs antara tahun 1969 dan 1973, menurut Ritchie, periode paling kreatif terjadi pada tahun 1972. Itu bernama "C" karena fitur-fiturnya yang berasal dari bahasa sebelumnya yang disebut " B ", yang menurut Ken Thompson adalah versi stripped-down dari BCPL bahasa pemrograman.

Asal usul C terkait erat dengan pengembangan Unix sistem operasi, awalnya diimplementasikan dalam bahasa assembly pada PDP-7 oleh Ritchie dan Thompson, menggabungkan beberapa ide dari rekan-rekan. Akhirnya mereka memutuskan untuk port sistem operasi untuk PDP-11 . Ketidakmampuan B untuk mengambil keuntungan dari beberapa fitur PDP-11 ini, terutama byte addressability, menyebabkan perkembangan dari versi awal C.

Versi PDP-11 asli dari sistem Unix dikembangkan dalam bahasa assembly. Pada tahun 1973, dengan penambahan struct jenis, bahasa C telah menjadi cukup kuat bahwa sebagian besar Unix kernel ditulis ulang di C. Ini adalah salah satu dari kernel sistem operasi pertama kali diimplementasikan dalam bahasa selain assembly. (Contoh sebelumnya termasuk Multics sistem (ditulis dalam PL / I ), dan MCP ( Master Control Program ) untuk Burroughs B5000 ditulis dalam ALGOL pada tahun 1961.) Circa 1977, perubahan selanjutnya ke bahasa dibuat oleh Ritchie dan Stephen C. Johnson untuk memfasilitasi portabilitas dari sistem operasi Unix. Johnson Compiler C Portabel menjabat sebagai dasar untuk implementasi beberapa C pada platform baru. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar