Minggu, 14 Oktober 2012

Individu, Keluarga, dan Masyarakat

Individu, Keluarga, dan Masyarakat

          Individu berasal dari kata “Individuum” yang artinya yang tak terbagi. Individu juga bisa disebut sebagai perseorangan atau sendiri. Setiap individu memiliki kepribadian, dan pola kehidupan yang berbeda dan hanya individu itu sendiri yang memilikinya meskipun terkadang ada kemiripan diantara satu individu dengan individu lain.
          Keluarga merupakan gabungan dari 2 individu yang berbeda jenis kelamin yang terikat oleh pernikahan yang selalu berusaha saling menjaga rasa aman dan ketentraman baik dalam suka maupun duka. Kemudian keluarga tersebut akan semakin berkembang dan besar dengan adanya keturunan/anak hasil perkawinan 2 individu tersebut.
Meskipun begitu terkadang ada keluarga yang tercipta tanpa pernikahan & tanpa memiliki anak, hanya berdasarkan rasa saling mengerti & merasa tergabung menjadi satu kesatuan.
Masyarakat adalah kumpulan dari individu maupun keluarga yang tinggal pada suatu wilayah atau daerah dan saling berinteraksi satu sama lainnya.
Semua hal diatas saling berhubungan dan berkaitan satu sama lainnya. Tanpa individu, keluarga & masyarakat tidak akan bisa terbentuk. Sementara kita sejak lahir telah diciptakan sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain, membutuhkan individu lain untuk kelangsungan hidup, saling melindungi, tolong menolong & mempertahankan keturunan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar